Social Icons

Senin, 10 Oktober 2011

Konsultan Pengawas

Konsultan Pengawas, sebuah lingkup bidang pekerjaan pembangunan. Kita coba bahas tentang Konsultan Pengawasan Gedung khususnya tenaga pengawasnya. Seorang Pengawas yang membawai perusahaan harus mempunyai gelar kesarjanaan atau minimal D3 teknik sipil dan mempunyai sertifikasi tenaga ahli yang di keluarkan oleh badan dan itu adalah syarat mutlak, maksudnya biar keren gitu. hehehehe. Adapun tugas dari seorang konsultan pengawas melakukan pengawasan suatu kegiatan pekerjaan pembangunan gedung agar pembangunan gedung tersebut terlaksana dengan baik, benar dan sesuai dengan spesifikasi serta aturan - aturan yang berlaku. Mengingat Konsultan Pengawas merupakan kepanjangan tangan dari Pimpro ( Pemilik Proyek ) maka Konsultan Pengawas berhak menuntut dilakukan perbaikan, pembongkaran atau pelarangan pelaksanaan serta memberi keputusan, namun tetap sesuai dengan koridor kewenangan tugas dan persetujuan serta pertimbangan dari pimpro.









Adapun langkah - langkah yang harus dilakukan seorang pengawas adalah

  • Mendapatkan copy data - data administrasi tentang proyek yang dibangun kepada Kontraktor Pelaksana serta memberi kuncian dasar agar pelaksanaan pembangunan nantinya tidak menyimpang jauh dari spek teknis serta aturan yang berlaku. Selain itu Copy data - dat administrasi tersebut juga sebagai lampiran hasil karya pengawasan.
  • Mempelajari data - data administrasi tersebut dengan seksama dan penuh ketelitian.
  • Cek dan kontrol volume keseluruhan item pekerjaan.
  • Berpegang pada RKS dan Gambar.
  • Cek dan pantau jalannya pelaksanaan pekerjaan lewat Time Scheadulle.
  • Selalu membawa kamera.
  • Selalu meminta pengajuan dan persetujuan material bahan serta pengajuan ijin tahapan pelaksanaan pekerjaan di tiap item pekerjaan.
  • Jika melakukan pengawasan pada pembangunan gedung mulai dari 0 atau baru maka yang harus diperhatikan adalah pelaksanaan bouwplank pengawas harus mencermati dengan seksama dalam pelaksanaannya hal ini dikarenakan titik bouwplank adalah titik awal pekerjaan.
  • Tidak segan - segan menegur Kontraktor Pelaksana jika salah dalam pelaksanaannya
  • Selalu mengarahkan dan mengingatkan agar pelaksanaan pekerjaan dan proses administrasi terlaksana dengan benar dan sesuai.
So....Buat loe para tenaga Konsultan Pengawas baru, ingat - ingat uraian diatas sebagai dasar acuan loe, Oke semoga sukses buat anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Riz point

 

Sample text

Sample Text

Sample Text