Social Icons

Selasa, 21 Februari 2012

Pondasi ( Sub Structure )



PONDASI


Pengertian


Pondasi adalah bagian dari struktur suatu bangunan yang terletak di bawah atau dalam tanah atau di sebut juga dengan sebutan Sub Structure, Pondasi jika di ibaratkan seperti tubuh kita maka pondasi adalah kaki kita. Tugas dari pondasi adalah meneruskan beban ke tanah pendukung.


Jenis – jenis


Pondasi dapat di golongkan menjadi 2 golongan, yaitu : Pondasi Dangkal dan Pondasi Dalam, 
berikut akan saya uraikan jenis – jenis pondasi tersebut :


Pondasi dangkal
Sesuai dengan namanya, pondasi dangkal ini  hanya ditanam beberapa meter saja dari muka tanah. Salah satu tipe yang sering di gunakan ialah pondasi menerus yang biasa pada rumah.
Pondasi dangkal ini dibuat dari beton atau pasangan batu, dan berfungsi sebagai penerus beban dari dinding dan kolom bangunan ke tanah keras.
Macam – macam dari pondasi dangkal ini antara lain Pondasi setempat, Pondasi penerus, Pondasi pelat, Pondasi konstruksi sarang laba – laba.


Pondasi Dalam
Kebalikan dari pondasi dangkal yang hanya tertanam beberapa meter dalam tanah, Pondasi dalam ini tertanam hingga melebihi 10 meter dalam tanah atau tergantung lapisan tanah keras. Jenis pondasi ini berfungsi untuk menyalurkan beban bangunan melewati lapisan tanah yang lemah di bagian atas ke bagian bawah yang lebih keras. Contohnya antara lain tiang pancang, tiang bor, kaisano, dan semacamnya


Faktor yang mempengaruhi


Beban dan gaya yang bekerja pada suatu pondasi dapat di proyeksikan menjadi :


Beban horisontal/beban geser
contohnya beban akibat gaya tekan tanah, transfer beban akibat gaya angin pada dinding.


Beban vertikal/beban tekan dan beban tarik
contohnya :
Beban mati, contohnya berat sendiri bangunan.
Beban hidup, contohnya beban penghuni
Gaya gempa
Gaya angkat air
Momen
Torsi


Prasarana dan Sarana yang berhubungan dengan pondasi


Berikut adalah prasarana dan sarana yang digunakan dan berhubungan dengan pondasi dan tanah :


ILMU UKUR TANAH


Ilmu ukur tanah adalah bagian dari ilmu yang mempelajari cara pengukuran di permukaan bumi dan di bawah tanah untuk menentukan posisi relatif atau mantap titik – titik pada permukaan tanah, di atasnya atau di bawahnya, dalam memenuhi kebutuhan seperti pemetaan dan penentuan posisi relatif suatu daerah.


Klasifikasi Pengukuran            :


Pengukuran Geodasi


Pengukuran dengan mempertimbangkan bentuk bumi yang mendekati elipsoida. Sehingga mempertimbangkan bentuk lengkung bumi.
Pengukuran Tanah Datar
Pengukuran tanpa mempertimbangkan bentuk bumi, dianggap sebagai bidang datar horisontal, biasanya untuk wilayah yang tidak terlalu luas.


THEODOLIT


Theodolit adalah salah satu alat ukur tanah yang di gunakan untuk menentukan tinggi tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak.
Berbeda dengan waterpass yang hanya memiliki sudut mendatar saja.
Pada dasarnya alat ini berupa sebuah teleskop yang ditempatkan pada suatu dasar berbentuk bulat yang dapat diputar mengelilingi sumbu vertikal, sehingga memungkinkan sudut horisontal untuk dibaca.


Macam jenis THEODOLIT      :


Theodolit Reiterasi
Theodolit Repitisi
Theodolit Moderen



0 komentar:

Posting Komentar

Riz point

 

Sample text

Sample Text

Sample Text