Social Icons

Sabtu, 04 Mei 2013

Ide dan Gagasan dalam karya bangunan



Dalam merencanakan suatu bangunan atau gedung diperlukan pemikiran dan pengolahan suatu desain yang berbahan dasar IDE dan GAGASAN, ingat sekali lagi IDE dan GAGASAN.
 
Nah jika kita mencermati hal diatas maka suatu gedung ataupun bangunan itu akan terwujud karena terciptanya suatu desain dan suatu desain itu berawal serta berbahan dasar dari IDE dan GAGASAN, ingat IDE dan GAGASAN, So....buat rekan jangan pernah anggap enteng IDE dan GAGASAN anda dan perlu diketahui juga bahwa hal tersebut tidak hanya berkenaan dengan perencanaan dan perancangan bangunan aja lo,  bisa dibayangin ga bahwa IDE dan GAGASAN tersebut bisa menghasilkan suatu karya...hebat bukan!!

Baiklah kita batasi ulasan ini, saya akan coba ulas beberapa hal tentang apa yang harus dilakukan dalam merencanakan dan merancang suatu bangunan atau gedung

Adapun langkah – langkah awal yang harus kita lakukan, yaitu :
  1. Adanya suatu keinginan dan kebutuhan sehingga muncul suatu IDE dan GAGASAN ( muncul lagi )
  2. Membuat suatu lingkup dan rumusan mengenai proyek atau pekerjaan yang kita rencanakan dan rancang, yaitu dengan mengetahui dan memahami hal yang akan kita rencanakan dan rancang baik itu maksud dan tujuannya maupun ruang lingkup kerja samanya
  3. Mengulas dan mengupas dasar – dasar dari ide dan gagasan kita atau lebih tepatnya merumuskan dan membuat metodologi perencanaan, yaitu dengan membuat dasar – dasar pemikiran gedung atau bangunan yang kita rencanakan atau rancang sehingga terumuskan suatu permasalahan, pendekatan yang mempengaruhi bangunan atau gedung dan segmentasi berupa pencapaian, main entrance dan lokasi penunjang.
  4. Membuat analisa bangunan atau gedung yang akan direncanakan atau dirancang dan pengkonsepan yang disesuaikan dengan ide dan gagasan terhadap bangunan atau gedung, adapun pengkonsepan antara lain dengan menganalisa serta mengkonsep desain arsitektur yang terdiri dari penataan tapak dan massa bangunan atau gedung, perencanaan bangunan atau gedung,  sistem sirkulasi , serta landskape. Selain menganalisa dan mengkonsep desain arsitektur kita juga mengkonsep dan menganalisa bagian struktur dan mekanikal elektrikal serta utilitas.
Demikian langkah – langkah awal yang harus dilakukan dalam merencanakan dan merancang suatu gedung atau bangunan.

Dapat disimpulkan bahwa dalam merencanakan atau merancangan suatu bangunan atau gedung perlu langkah – langkah yang diawali dengan adanya suatu IDE dan GAGASAN dan dilanjutkan dengan mengupas maksud dan tujuan serta menganalisa dan membuat konsep – konsep.

Semoga ulasan saya diatas dapat membantu rekan – rekan untuk berkarya, namun tidak tertutup kemungkinan ada pengembangan – pengembangan langkah serta langkah – langkah yang lain
SELAMAT BERKARYA !!! 

0 komentar:

Posting Komentar

Riz point

 

Sample text

Sample Text

Sample Text